Dinkominfotik Gelar Sosilasisasi Penguatan Fungsi PPID Pembantu

Sungailiat - Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Bangka menggelar sosialisasi Penguatan Fungsi Pejabat Pengelola Informasi Publik (PPID) Pembantu bagi seluruh OPD se Pemkab Bangka.

Sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Bangka yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Ir. Zulkarnain Idrus, Selasa (07/08/18) di OR Bangka Bermartabat, Setda Bangka.

Dalam sambututannya Idrus mengatakan yakni berdasarkan Undang - Undang no. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) bahwa setiap badan publik memiliki kewajiban dalam  menyediakan dan melayani permohonan informasi publik kepada pemohon informasi.

"Seperti yang terdapat dalam Undang - Undang no. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik bahwa setiap badan publik memiliki kewajiban dalam  menyediakan dan melayani permohonan informasi publik secara cepat, tepat waktu, biaya ringan dan cara sederhana," ungkap Idrus.

Lebih lanjut Idrus mengatakan dalam pelaksanaannya PPID harus mampu menyediakan informasi sesuai dengan klasifikasi informasi yang diumumkan secara berkala, tersedia setiap saat dan diumumkan secara serta merta.

"Jadi tentu dalam pelaksanaannya nanti fungsi PPID ini wajib menyediakan informasi sesuai dengan klasifikasinya yakni informasi yang bersifat wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, informasi yang wajib tersedia setiap saat serta informasi yang diumumkan secara serta merta atau apa adanya sesuai dengan kebutuhan, tidak melebihkan dan tidak pula dikurangi," ungkap Idrus.

Sementara itu ketua pelaksanak kegiatan Suryani, S.Sos., Msi berharap agar seluruh peserta sosialisasi dapat menyusun serta mengklasifikan Daftar Informasi Publik (DIP) berdasarkan jenis informasinya di OPD-nya masing-masing, yang kemudian nantinya DIP OPD tersebut akan menjadi DIP Pemerintah Daerah.

"Tujuan kita melalui sosialisasi ini agar selutuh OPD mampu membuat serta mengklasifikan jenis - jenis informasi yang terdapat di lingkungan Pemkab Bangka sehingga mempermudah kita apabila nanti informasi tersebut dibutuhkan khususnya terkit permohonan informasi dari pemohon atau masyarakat kita,"harap Suryani.

Acara sosialisasi Penguatan Fungsi PPID OPD dan Penyusunan Daftar Informasi Publik 2018 tersebut berlangsung satu hari yang dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Bangka, Ir. Asmawi Alie, M.T., dan segenap jajaran OPD Pemkab bangka serta mendatangkan dua narasumber yakni Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Komisi Informasi Provinsi Babel Syawaludin, S.Pd, dan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinkominfotik Bangka, Suryani, S.Sos., M.Si. (Pemkab Bangka)

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Dede Sukmana
Fotografer: 
Dede Sukmana (Dinkominfotik)
Editor: 
Khadafi
Tags: 
Berita Daerah