Di Bangka Ada PTSL 10 Ribu Bidang Dari BPN

Banyak program yang digulirkan oleh pemerintah untuk melayani dan dinikmati oleh masyarakat. Salah satu dengan pemberian setipikat tanah atau prona secara gratis.  Dalam beberapa kesempatan, Bupati Bangka H. Tarmizi Saat menghimabu kepada seluruh masyarakat untuk memiliki bukti penguasaan lahan atau surat tanah yang kuat yakni sertipikat tanah sehingga bisa menjadi identitas kepemilikan aset. Terkait hal tersebut, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bangka, telah menerima surat terkait dengan penyuluhan kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Bangka.
Menurut Kepala Bidang Pertanahan M. Soleh yang mewakili Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bangka mengungkapkan terkait dengan PTSL ini, dinasnya telah menerima surat dari Badan Pertanahan Nasional Kantor Pertanahan Kabupaten Bangka tentang penyuluhan kegiatan PTSL 10.000 bidang di tiga kecamatan di Kabupaten Bangka.
"Ada suratnya tentang penetapan target kegiatan sertipkasi hak atas tanah kategori II di Lingkungan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun anggaran 2017 dan juga penetapan Lokasi Percepatan Pelaksanaan Pendafataran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) 10.000 bidang.Pihak BPN telah menyelenggarakan penyuluhan PTSL 10.000 bidang di tiga kecamatan yakni kecamatan Bakam, kecamatan Mendobarat, dan kecamatan Riau Silip," katanya, Sabtu (7/10/17) di Sungailiat.
Dikatakan M.Soleh, untuk desa yang ikut dalam penyuluhan kegiatan PTSL tersebut, Desa Bakam, Maras Senang, Kapuk, Neknang, Tiang Tara, Dalil, Mangka, Mabat, Bukit Layang, Cengkong Abang, Kota Kapur, Kemuja, Paya Benua, Penagan, Zed, Menduk, Rukam, Petaling Banjar, Riau, Banyu Asin, Cit, Deniang, Mapur, Silip dan Riau.
"Tanggal 28 Agustus kemarin dan tanggal 5 September yang lalu penyuluhannya, untuk masyarakat dapat mengurusnya PTSL tersebut sesuai dengan desa-desa yang telah ditentukan, untuk pengajuan PTSL tersebut harus ada surat tanahnya, kalau belum segera mengurusinya melalui aparat desa dan kecamatan setempat," katanya.
Dilanjutkan M.Soleh lagi, masyarakat yang ingin mengurus PTSL tersebut, dapat berkoordinasi dengan pihak desa atau kelurahan, dan nanti akan diteruskan ke Badan Pertanahan Nasional atau bisa datang langsung. Selain itu juga sambung M. Soleh, pengurusan untuk PTSL ini hanya lahan non pertanian, seperti perumahan, perkarangan di pinggir jalan.
"Mereka, pihak BPN  telah ada beberapa tahap untuk bidang atau persil dalam PTSL ini, tahap pertama 500, kedua 2.500 dan ketiga ada 10.000 bidang dan sekarang sudah masuk tahap ketiga, sementara untuk Pemprov Bangka Belitung ada 38 ribu bidang," katanya.
Untuk itu lanjut M. Soleh, bagi masyarakat desa yang disebutkan dalam tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka, dapat mengurus PTSLnya dengan koordinasi dan konsultasi bersama pihak desa dan jika memenuhi syarat akan diteruskan ke BPN.

 Syarat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap

Sosialisasi Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilakukan Kantor Pertanahan Kabupaten Bangka di beberapa kecamatan di Kabupaten Bangka pada bulan Agustus dan September yang lalu, mengharapkan masyarakat dapat mengurus hak dan kewajibannya sehingga mempunyai dokumen yang resmi dan bersertipikat. Berikut ini berkas yang harus dilengkapi untuk PTSL ini ;
A.Kriteria Subyek ;
1. WNI
2. Memiliki tanah yang dikuasai secara fisik
3.Sanggup membayar BPHTB bila terkena

B. Kriteria Ojek
1.Tanah belum sertipikat dan tidak dalam sengketa/perkara
2.Tidak berada dalam kawasan hutan
3.Mempunyai Surat Bukti Penguasaan/pemilikan tanah
4.Terhadap tanah warisan harus dilakukan pembagian terlebih dahulu kepada calon Subyek Hal selaku Ahli Waris

Sementara itu berkas yang harus disiapkan ;
1. KTP
2.Kartu Keluarga
3.SPPT PBB tahun berjalan /Keterangan Tanah secara lengkap
4. Mengisi Formulir yang disiapkan Kantor Pertanahan Kabupaten Bangka

Pembiayaan yang ditanggung peserta
1. Penyiapan dokumen permohonan (Fotocopy 4 kali dan materai Rp 6000 delapan buah)
2. Pembuatan dan pemasangan tanda batas
3. Perintisan batas bila diperlukan
4. Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan bagi objek dengan NJOP lebih dari Rp 60.000.000,-
5. Biaya setoran PNBP bagi peserta yang tidak tercakup dalam peserta program PTSL.
Sumber : Kantor Pertanahan Kabupaten Bangka.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah