Desa - Desa Di Kabupaten Bangka Diharapkan Menjadi Desa Go Green

Telah direklamasinya lahan eks tambang di Desa Pemali dan Desa Tutut Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diharapkan desa-desa yang lainnya juga bisa menjadi desa Go Green.
Desa Pemali dan Desa Tutut ini bisa dijadikan pilot project untuk program Bhabinkamtibmas Go Green ini.
"Kita cari lahan yang lain lagi, kita akan rapat hari Sabtu ini, untuk mencari desa-desa yang ada di Kabupaten Bangka untuk mendukung program Go Green ini," ungkap Bupati Bangka H. Tarmizi Saat ketika melakukan aksi penanaman tanaman holtikultura di lahan eks tambang di Desa Pemali dan Desa Tutut Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka, Kamis (1(/7/17).
Diuraikan orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini, untuk jumlah lahan tidur di Kabupaten Bangka ini ada sekitar 11.000 hektar dan belum dimanfaatkan dengan baik.
"Ini bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat, ada sisi lingkungan, ekonomi, pariwisata, ekonomi kreatif  yang diharapkan Polda Babel juga, bisa jadi icon baru juga untuk mereka yang berkunjung ke Kabupaten Bangka nanti," jelasnya.
Untuk itu, pemeliharan program ini, bukan hanya kewajiban pemerintah, dan kepolisian semata saja, namun partisiapasi masyarakat juga perlu dilakukan dan tingkatkan.
"Bukan semata-mata pemerintah dan lainnya, namun kesadaran masyarakat juga perlu dilakukan untuk menjaga ini, " harapnya.
Sementara itu PT Timah Tbk dan Polda Babel  telah menanam atau mereklamsi lahan eks tambang dengan program bhabinkamtibmas go green ini yakni di Air Benuang dan Air Pangkal Kabupaten Bangka Tengah, Sungai Tanggok Desa Puput Kecamatan Parittiga Jebus Bangka Barat, Air Satu Kabupaten Belitung Timur dan Air Merah Desa Badau Kabupaten Belitung.

Beberapa lahan eks tambang yang akan dijadikan area reklamasi dalam kegiatan ini antara lain Desa jurung Kecamatan Merawang Bangka, Dusun Air Kubu Desa Parado, Simpang Teritip Bangka Barat, Desa Bencah Bangka Selatan, Dusun Air Buntar Desa Membalong Belitung dan Dusun Air Raya Desa Jangkar Asam Kecamatan gantung Belitung Timur.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah