Dari Dodol Keramunting, Sirup Dan Manisan Belimbing, Yurna Bisa Penuhi Kebutuhan Sehari-hari

Jika ada kemauan pasti ada jalan. Hal ini dapat kita ambil contoh dari sosok Yurna Garyani. Perempuan kreatif dari Kampung Plaben Bubus Bukit Ketok Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka ini, dapat dijadikan sosok inspirasi bagi semua orang, karena dirinya bisa mandiri dan bisa membuat bangga. Yurna merupakan seorang perempuan pembuat makanan dodol dari buah keramunting dan manisan buah belimbing wuluh.
"Kan buahnya keramunting banyak di Bangka ini, jadi kita coba-coba untuk mengkreasinya, jadilah seperti ini," ungkap Yurna yang ditemui, Rabu (22/3/17) di Pantai Penyusuk Kecamatan Belinyu.
Diakui Yurna, dirinya dibantu anaknya mulai membuat dodol keramunting ini tahun 2015 dan dipasarkan di daerah Belinyu dan juga Sungailiat. Mengenai harganya sangat murah, untuk dodol dipatok satu pisnya RP 10.000,- dan untuk sirup satu botolnya seharga Rp 15.000,-.
"Awalnya kita buat sirup, terus coba buat dodol. Kalau sirup dia gak tahan lama. Manisan Belimbing wuluh ini tahan sampai enam bulan," jelas Yurna.
Dijelaskan Yurna lagi, untuk memproduksi makanan dan minuman ini, dirinya masih menggunakan cara yang sederhana dan seadanya.
"Kita masih gunakan cara yang manual, sebulan produksinya 100 botol untuk sirup, kalau dodol ini, tergantung musim buah keramuntingnya," jelas Yurna lagi.
Diakui Yurna dari hasil menjual dodol dan sirup ini, dirinya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.
"Alhamdullilah, bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, dan bisa mandiri juga," katanya bangga.
Kedepan Yurna juga berharap dirinya bisa lebih sukses dan maju serta produknya semakin dikenal masyarakat luas.
"Kita terus berkreasi, sehingga kualitasnya semakin baik, baik dari rasa, maupun kemasanya, dan juga berharap ikut pelatihan dan bantuan juga," harapnya.

Sementara itu,  Farida Tedy Sudarsono yang ikut meninjau dan melihat kreasi ibu Yurna ini mengatakan, pihak Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bangka, terus mengupayakan untuk memberikan pelatihan dan juga motivasi bagi perempuan,sehingga mandiri dan kreatif. "Kita akan terus dukung, dan akan kita bantu dengan penyuluhan dan memberikan keterampilan bagi perempuan kita, sehingga bisa terus maju dan berkembang seperti Ibu Yurna ini," tuturnya

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah