Cinta dan Gemar Membaca Al Quran, Bangun Pendidikan Karakter

Membangun dan mewujudkan pendidikan karakter melalui keteladanan Nabi Muhammad SAW menuju insan Bermartabat, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan dan Kebudayaan kecamatan Merawang menggelar khataman Al Quran, program Ayo Cinta dan Gemar Membaca Al quran setiap hari atau One Day One Juz. Kegiatan yang dipusatkan di SMPN 3 Jurung ini dihadiri langsung Bupati Bangka H. Tarmizi Saat, Sabtu (2/12/17), bertujuan untuk meningkatkan mental spiritual para anak didik dengan mengaji setiap hari, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.
Dalam arahannya, Bupati Bangka mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu Pemerintah Kabupaten Bangka untuk membangun pendidikan karakter sehingga siswa mencintai Al quran dan bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terus melakukan peningkatan mutu serta pembinaan sehingga terbangun pendidikan karakater siswa yang berakhlakkulkarimah.
"Kita terus mengembangkan kegiatan ini sehingga semakin baik kedepannya, ini adalah modifikasi, dan tahun depan bisa dibuat lebih baik lagi, ada khatamnya, dan ada juga tahfidznya sehingga lebih mendalam dan dapat melahirkan qori dan qoriah juga," ungkap bupati yang mengetas beberapa siswa yang hapal Al quran.
Kedepan dengan dukungan semua pihak, dan pemerintah daerah juga terus mendukung sehingga kegiatan cinta dan gemar membaca Al quran ini terus diuapayakan dan dilaksanakan dengan baik.
Sementara itu Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Merawang, Zuri Afrizal menuturkan, kegiatan atau program Ayo Cinta dan Gemar Membaca Al Quran setiap hari ini bertujuan untuk membangun semangat para anak didik dalam mencintai dan mengamalkan kitab suci Al quran dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga lanjut Zuri untuk membantu dan mendukung program strategis Pemkab Bangka.
"Salah satu mewujudkan pendidikan karakter ini melalui program Ayo Cinta dan Gemar Membaca Al quran setiap harin kita harapkan bisa meningkatkan mental spiritual anak didika melalui cinta dan gemar mengaji ini," ungkap Zuri Afrizal.
Selain itu juga, Zuri Afrizal menjelaskan, kegiatan ini untuk mengembangkan potensi diri bagi peserta didik agar berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik dalam membangun pendidikan karakter.
"Kita perkuat dan bangun perilaku bangsa yang multikultur ini melalui keteladanan Nabi Muhammad SAW," ungkapnya.
Hal lainnya lanjut Zuri Afrizal kegiatan Khataman Al quran Cinta dan Gemar Membaca Al Quran ini untuk meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam pergaulan dunia menuju insan yang bermartabat.

"Kita ingin mendorong kreatifitas dan minat belajar peserta didik melalui kegiatan ini,, karena pendidikan seperti hal ini merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran sehingga siswa aktif dalam mengembangkan potensi diri untuk kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasaran, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara," ungkap Zuri Afrizal.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah