Bupati Resmikan Ruang Terbuka Hijau Taman Kota Sungailiat

Tahun 2018 merupakan tahun bergerak cepat untuk Kabupaten Bangka. Sejumlah proyek pembangunan dilaksanakan pada tahun 2017 yang diselesaikan dan akan diresmikan. Salah satunya proyek pembangunan di dalam kota Sungailiat. Eks Terminal Sungailiat disulap dan dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan menjadi taman kota Sungailiat untuk mempercantik kota Sungailiat yang mempunyai slogan Bersih, Tertib dan Aman. Taman Kota Sungailiat yang berada dipusatkan kota Sungailiat, Sabtu (6/1/18) diresmikan langsung oleh Bupati Bangka H. Tarmizi Saat ditandai dengan penandatanganan prasasti.
Bupati dalam arahannya mengungkapkan awal dibangunnya Ruang Terbuka Hijau Taman Kota Sungailiat ini dikarenakan untuk memindahkan terminal induk Sungailiat ke pinggir kota Sungailiat tepatnya di Desa Air Ruai.
"Kita harapkan ini menjadi wahana baru bagi warga Sungailiat dan sekitarnya. Lumayan lengkap, ada kulinernya, taman, dan juga akan disediakan apotik 24 jam,l ungkap bupati.
Diuraikan orang nomor satu di Kabupaten Bangka tersebut, untuk kedepannya sehingga taman kota ini terlihat indah, dan tertib, telah dibuat aturan sebagaimana baiknya, mulai dari cara berpakaian, dan juga yang berjualan di dalam Taman Kota Sungailiat.
"Kita harapkan ini menjadi wahana keluarga juga, dan bisa menggantikan Pasar Mambo yang kesannya dulu negatif oleh masyarakat," katanya.
Diuraikan mantan sekda Bangka tersebut, sejak dilantik dirinya bersama Bapak Rustamsyah pada bulan September tahun 2013 yang lalu, Kabupaten Bangka telah banyak perubahannya, mulai dari pembangunan Pasar Kite Sungailiat dan lain sebagainya termasuk jalan dan jembatan.
"Apa yang kita bangun pasti ada kekurangannya, maka untuk itu dukungan dari semua pihak dan masyarakat untuk dapat mendukung pemerintah yang punya program melayani dan peduli kepada masyarakat," harapnya.
Selain itu juga, dengan telah adanya taman kota yang dilengkapai juga dengan kantor informasi tentang pariwisata, diharapkan Kabupaten Bangka semakin maju dan bisa menjadi kebanggaan masyarakat Bangka.
"Tolong dijaga, dan bisa menjaga kota ini dengan baik, terima kasih atas dukungannya untuk memajukan Kabupaten Bangka dan selama kurun waktu hampir lima tahun, sudah puluhan penghargaan yang diterima oleh Pemkab Bangka dan Kabupaten Bangka," katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan Kabupaten Bangka, Chairil Anwar mengatakan. Untuk menjaga keseimbangan ekosistem, dan menjadi paru-paru kota. Selain itu juga untuk bersantai, berinteraksi, dan olahraga.
"Semoga wadah ini bisa menjadi wahana baru yang dapat memberikan keseimbangan dan olahraga juga," ungkap Chairil.
RTH atau Taman Kota Sungailiat tersebut merupakan salah satu wahana baru bagi masyarakat untuk bersantai dengan keluarga dan juga berolahraga. Berbagai fasilitas dibangun dan dilengkapi untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang bersantai di Taman Kota Sungailiat. Sejumlah fasilitas dilengkapi mulai dari mainan anak-anak seperti ayunan dan lainnya, tempat duduk, tempat jalan kaki, batu refleksi, fasilitas berjualan, taman bunga, pepohonan rindang, kamar mandi, tugu dulang, dan monumen perjuangan. Letaknya yang berada di tengah kota, menjadikan RTH atau taman kota Sungailiat sebagai alternatif untuk para pengunjung Kota Sungailiat melepas lelah seusai berbelanja, atau berolahraga termasuk juga sekedar bersantai pagi atau sore bersama keluarga tercinta.
Lina (41) salah satu warga Pemali, dirinya sangat senang dengan adanya taman kota tersebut. Menurutnya, keberadaan Taman Kota Sungailiat yang dibangun Pemerintah Kabupaten Bangka bisa menjadi tempat untuk berkumpul bersama keluarga, olahraga, atau melepas lelah setelah habis berbelanja di Pasar Sungailiat.

"Bagus, bisa tempat santai dan istirahat juga, dan bisa menjadi wahana mempercantik kota Sungailiat. Semoga Kota Berteman ini semakin maju dan bisa menjadi kebanggaan kita semuanya," ungkap Lina.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah