Bupati Bangka Terima Peserta Semiloka Perguruan Tinggi Wilayah Barat

Bupati Bangka Tarmizi Saat menerima peserta Semiloka Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi (BKS PT) negeri dan swasta Indonesia Bagian Barat, Kalbar, Jawa dan Sumatera, Jumat (21/7) di rumah dinas Bupati di Sungailiat.

Sebanyak  420 orang peserta Semiloka yang berasal dari 33 fakultas pertanian, guru besar, dekan dan dosen diterima Bupati Bangka yang didampingi Kepala Bappeda Kabupaten Bangka Pan Budi Marwoto dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Kemas Arfani Rahman serta panitia Semiloka dari Universitas Bangka Belitung.

Dihadapan para peserta Semiloka Bupati Bangka Tarmizi Saat memaparkan tentang upaya Pemkab Bangka dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM ) di Kabupaten Bangka diantaranya dalam program beasiswa dengan menyekolahkan lulusan sekolah lanjutan atas sebagai penyuluh pertanian, penyuluh peternakan, bidang pertanahan, guru dan dokter daerah.

Dikatakannya, Pemkab Bangka saat ini sedang menyiapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata dengan lokasi yang dimulai dari pantai Rambak Sungailiat hingga Bangka Tengah.

Menurut Tarmizi untuk mempersiapkan KEK pariwisata juga akan diikuti dengan hidupnya sektor pendukung lainnya seperti pertanian, peternakan dan perikanan.

Dikatakannya, sebagian besar lahan kritis di Bangka yang disebabkan pertambangan harus dapat mengembangkan sektor pertanian, peternakan dan perikanan.

“ Lahan bekas penambangan sudah terbukti bisa diolah menjadi lahan yang produktif, diantaranya dengan menggunakan pupuk organik, itu sudah kita lakukan dengan ditanam padi,” ungkap Tarmizi.

Lahan berpasir dikatakan Tarmizi juga bisa ditanam ubi Kasesa seperti yang sudah dilakukan di kebun miliknya dapat menghasilkan, hal ini dilakukannya sebagai Bupati tidak hanya memberi contoh namun juga menjadi contoh sebagai motivasi agar masyarakat turut serta mengembangkan lahan untuk kegiatan pertanian.

Kesempatan itu Bupati juga memaparkan tentang kwarter helik dalam pemerintahan yang melibatkan unsur akademisi, swasta (binisman), pemerintah dan masyarakat yang merupakan satu – kesatuan dalam pembangunan.

Ia menjelaskan, menjadi Bupati itu sekarang ini sebagai pelayanan masyarakat yang terus menangkap aspirasi masyarakat melalui berbagai kesempatan termasuk berada di warung kopi.

Selain itu Bupati Bangka Tarmizi Saat juga memaparkan sejumlah program unggulan Kabupaten Bangka terkait dengan pelayanan kepada masyarakat diantaranya Perburuan Anak Putus Sekolah (Bunaktuslah) , Perburuan Ibu Hamil Beresiko Tinggi (Bumilristi ), Perburuan orang tua Hidup Sendiri (Buratuhiri) dan lain – lain.

Usai diterima di rumah dinas Bupati, para peserta Semiloka didampingi Bupati Bangka Tarmizi Saat meninjau perkebunan Lada di Sinar Jaya Sungailiat. ( *))

Sumber: 
Humas Bangka
Penulis: 
Rustian
Fotografer: 
Rustian
Editor: 
Rustian
Tags: 
Warta Berita