Bupati Bangka Terima Penghargaan Pelayanan Publik Dari Ombudsman Republik Indonesia

Luar biasa. Hal inilah yang bisa diungkapkan untuk Pemerintah Kabupaten Bangka. Setelah menerima beberapa penghargaan di penghujung tahun 2017, seperti penghargaan Kabupaten Sehat, EKPP, Kependudukan, penghargaan Pemerintah Daerah yang Smart City dari PT Telkom Indonesia, dan lainnya.
Selasa (5/12/17) satu lagi penghargaan diterima Pemerintah Kabupaten Bangka yakni penghargaan dari Ombudsman Republik Indonesia. Pemerintah Kabupaten Bangka menerima penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi dalam kegiatan Penganugerahan Predikat Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik sesuai dengan Undang - Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik di Jakarta.
Bupati Bangka H. Tarmizi Saat usai menerima tropi dan penghargaan tersebut mengungkapkan sebagai pemimpin, dirinya diberi amanah untuk menjalankan program pemerintah yang telah dirancang dan hal ini merupakan motivasi dan semangat untuk semakin berbuat yang terbaik untuk mewujudkan pelayanan publik yang semakin prima kepada masyarakat.
"Alhamdullilah, kita mendapatkan kepercayaan untuk menerima penghargaan ini, intinya kita sebagai pemimpin menjalankan amanah rakyat. Melayani dan peduli merupakan hal yang penting bagi kita, baik di pemerintahan maupun di akhirat sebagai bentuk pertanggungjawaban di hadapan Allah SWT," ungkap bupati dalam sambutannya usai menerima penghargaan.
Lebih lanjut orang nomor satu di Kabupaten Bangka tersebut menuturkan komitmen Pemerintah Kabupaten Bangjka sangat kuat untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik dengan mempedomani Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik. Dikatakannya juga, ralam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Bangka tahun 2014-2018, pelayanan publik menjadi salah satu priorotas utama dalam pembangunan daerah dari sepuluh priorotas pembangunan yang telah ditetapkan.
"Kita terus mewujudkan tata pemerintah yang bersih dan melayani, dalam rangka memenuhi harapan besar masyarakat akan terselenggaranya pemerintahan yang baik dan bersih atau good and clean government," ungkap bupati.
Lebih lanjut mantan sekda Bangka ini menguraikan, beberapa upaya prioritas daerah yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Bangka dalam mensiasati kinerja pelayanan publik diantaranya pemenuhan standar pelayanan publik yang terdiri dari standar pelayanan yang wajib dipenuhi yakni informasi biaya, prosedur dan persyaratan. Berikutnya pengelolaan pengaduan dilakukan melalui pembentukan unit pengelolaan pengaduan dalam rangka mengakomodir saran dan masukan dari masyarakat, dan juga mendorong partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
"Dengan penghargaan ini, kita harapkan semua terus mempertahankan dan meningkatkan pelayanan publik dan menerapkan standar pelayanan publik yang variabel, seperti standar pelayanan, maklumat layanan, sistem informasi pelayanan publik, sarana dan prasarana, pelayanan khusus, pengelolaan pengaduan, penilaian kinerja, visi misi dan moto pelayanan, atribut dan pelayanan terpadu," harap bupati.
Pemerintah Kabupaten Bangka dari Hasil Kepatuhan Ombudsman Republik Indonesia, terhadap pelayanan publik di Kabupaten Bangka menunjukkan kinerja yang cukup menggembirakan dari zona merah pada tahun 2015 meningkat menjadi zona kuning, dengan nilai sebesar 80,10 atau kurang 0,91 poin untuk bergerak ke zona hijau ( 81 -100).
"Dan berdasarkan hasil tersebut, dan capaian kinerja yang terus on the track, dalam sasaran pembangunan daerah menargetkan kinerja pelayanan publik tahun 2017 menyentuh zona hijau diatas 81 dan alhamdullilah mendapatkan penghargaan Ombudsman langsung," kata bupati.

Dalam menerima penghargaan Ombudsman Republik Indonesia, Bupati Bangka H. Tarmizi Saat didampingi Kepala Bappeda H. Pan Budi Marwoto, Kepala PUPR dan Perhubungan, Chairil Anwar, Kepala BP2RD, Darius, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Rahmat Gunawan, dan Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, H. Syafarudin.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Irwan
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah