Bupati Bangka Siapkan Lahan Tujuh Hektar Untuk Penelitian LIPI

Menjadi pembicara dan narasumber di seminar 50 tahun HUT Pusat Penelitian (PUslit) Biologi LIPI, Bupati Bangka H. Tarmizi Saat berjanji untuk menyiapkan lahan sekitar tujuh hektar untuk tempat penelitian LIPI.
"Di Bangka itu, banyak tanaman, flora dan fauna yang khas seperti lada, tanaman tradisional yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap bupati, Selasa (5/9/17) di LIPI Cibinong Bogor Provinsi Jawa Barat.
Diuraikan orang nonor satu di Kabupaten Bangka itu, keanekaragaman flora dan fauna serta pengelolaan tanah dengan bantuan dari LIPI, bisa menjadi referensi bagi LIPI untuk meneliti lebih janut mengenai keanekaragaman tanaman di Bangka.
"Kami siap bekerjasama, selama ini sudah bekerjasama, dan ini bisa menjadi momentum bagi kita untuk memajukan masyarakat kita," katanya.
Sekarang ini, dengan pemanfaatan pangan lokal yang sangat digiatkan oleh pemerintah, dirinya berharap masyarakat baik itu di Kabupaten Bangka maupun dari luar bisa menerapkan hidup sehat dengan slogan pangan lokal.
"Kita di Bangka itu ada slogannya, Senja, senin makan jagung, Selapis, selasa makan pisang, Rata, Rabu makan talas, Kasi, kamis makan singkong, Jujur, jumat makan bijur dan Sabili, sabtu makan Gembili," terangnya dihadapan para peserta seminar.
Untuk itu, perlu adanya sinergitas semua elemen untuk mewujudkan semua harapan tersebut.
"Kita terapkan sistem quaterhalic dimana akademisi, pengusaha, masyarakat dan pemerintah saling bersama untuk memajukan kemajuan dengan pemanfaatan potensi daerah yang ada, kerjasa dengan pihak seperti LIPI ini, kita dari Kabupaten Bangka ini, pangan lokal dan penelitian dari LIPI sangat diperlukan," tukasnya. 

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Litfi Adam
Editor: 
Khadafi
Tags: 
Berita Daerah