Bupati Bangka MOU Dengan Kemenkes RI Terkait Dokter Spesialis

Bupati Bangka Tarmizi Saat menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Kesehatan RI terkait dengan Wajib Kerja Dokter Spesialis (WDKS).

Penandatanganan nota kesepahaman berlangsung Kamis malam (9/3) di Jakarta, yang dilakukan Bupati Bangka Tarmizi Saat bersama Kepala daerah lainnya, termasuk sejumlah Bupati dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Bangka Boy Yandra yang turut menyaksikan penandatangan MOU, penandatanganan nota kesepahaman merupakan Implemantasi dari PP nomor 4 tahun 2017.tentang wajib kerja dokter spesialis yang sudah mulai dilakukan pada tahap 1 melalui SK Menkes nomor HK 01.07 /Menkes/08/2017 tentang peserta WDKS.

WDKS tahap 1 merupakan dokter spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Bedah, Spesialis Obgin, Spesialis Anak dan Spesialis Anastesi.

Dijelaskannya, Kemenkes sudah melakukan visitasi ditahun 2016 terkait usulan daerah 114 rumah sakit  dari 113 Kabupaten/kota dan 29 Provinsi dengan target  124 rumah sakit di 113 Kabupaten /Kota dan 29 Provinsi, dengan realisasi visitasi 121 rumah sakit/110 Kabupaten / Kota  dan 29 Provinsi.

“ Yang direkomendasikan  Kemenkes hanya 90 rumah sakit, 85 Kabupaten/ kota dan 27 Provinsi,” ujar Boy.

Menurutnya,  kabupaten Bangka sendiri untuk tahap 1 belum ada rekomemdasi di rumah sakit, diharapkan akan diakomodir tahap ke dua dengan utama kebutuhan  dokter spesialis anak.

“ Syarat untuk kerja sama  dokter Spesial  didaerah adalah hak dokter mendapatkan SIP dari Pemda,  Fasilitas  rumah dan tambahan  insentif  sesuai.kemampuan daerah  itu sendiri selain dari gaji dari Kemenkes antara Rp 20 – Rp 30 juta,” jelasnya.

Sedangkan Kewajiban dokter bersangkutan tidak boleh bekerja lebih dari satu rumah sakit guna dapat memberikan pelayanan maksimal dirumah sakit tempatnya bekerja.

Diharapkannya, dengan adanya MOU Bupati dengan Kementerian Kesehatan RI bersama dokter spesialis akan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Semntara itu diantara Bupati dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang hadir dalam penandatangan nota kesepahaman selain Bupati Bangka Tarmizi Saat yakni Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman, Bupati Belitung Sanen dan Bupati Bangka Barat Parhan Ali. (/Humas)

Sumber: 
Humas Bangka
Penulis: 
Rustian
Fotografer: 
Boy
Editor: 
Rustian
Tags: 
Warta Berita