Bupati Bangka Membuka PTQ ke 34 Kecamatan Sungailiat.

Bupati Bangka Tarmizi Saat membuka Pekan Tilawatil Quran ( PTQ ) ke 34 Kecamatan Sungailiat, Sabtu (3/6) malam di masjid An Nur Sungailiat.

PTQ tingkat Kecamatan Sungailiat berlangsung 3 – 10 Juni 2017, memperlombakan cabang Tartil Quran anak – anak putra dan putri, Tilawah anak – anak, remaja, dewasa putra dan putri serta Syarhil Quran.

Sedangkan peserta PTQ sebanyak 110 qori dan qoriah untusan kelurahan dalam wilayah kecamatan Sungailiat.

Pelaksanaan PTQ Tingkat Kesamatan Sungailiat sudah belangsung selama 34 tahun, telah dijadikan kalender tetap setiap mengisi bulan suci Ramadhan.

Kesempatan itu Cahamat Sungai Suhardi melantik dewan hakim yang akan memberikan penilaian kepada qori dan qoriah disetiap cabang yang diperlombakan.

Bupati Bangka Tarmizi Saat memberikan apresiasi kepada qori dan qoriah serta dewan hakim berupa penambahan bonus hadiah sebesar Rp 10 juta dan tambahan honor dewan hakim PTQ sebesar Rp 5 juta.

Menurut Tarmizi, para dewan hakim yang bertugas memberikan penilaian juga memiliki peran dalam membumikan Al Quran kepada seluruh Ummat yang selalu ada dibeberapa kegiatan serupa.

“ Tidak gampang dalam mendalami Al Quran, tidak hanya tajuid saja namun juga nahu, suro, dan ilmu lainnya maka itu tidak gampang, untuk itu peran para dewan hakim atau dewan juri itu perlu dihargai,” tukas Bupati.

Guna membumikan Al Quran, Bupati Bangka Tarmizi Saat minta tidak hanya Bupati yang memikirkan namun juga para staf untuk memikirkan upaya pembinaan Al Quran di kabupaten Bangka.

Dia mengajak seluruh ummat Islam dalam membaca Al Quran untuk dijadikan tradisi, sehingga harus dilakukan secara terus – menerus agar dapat lancar dalam membaca Al Quran.

“ Membiasakan membacakan Al Quran khususnya kepada adik – adik, karena belajar diwaktu kecil bagai mengukir di atas batu, bila belajar diwaktu dewasa bagai mengukir di atas air,” ungkap Tarmizi.

Rangkaian pembukan PTQ tingkat Kecamatan Sungailiat merupakan rangkaian dari Sari Ramadhan Pemkab Bangka.

Sebelumnya Bupati Bangka Tarmizi Saat pada sholat Tarawih di masjid An Nur bertindak sebagai imam.

Usai membuka PTQ Bupati bersama kepala OPD menyerahkan bantuan untuk masjid An Nur berupa generator listrik dan sajadah, serta memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan kaum dhuafa.

Puncak pembukaan PTQ ke 34 kecamatan Sungailiat disampaikan ceramah oleh Ustadz Nurul.(*)

Sumber: 
Humas Bangka
Penulis: 
Rustian
Fotografer: 
Rustian
Editor: 
Rustian
Tags: 
Bupati Bangka Membuka PTQ ke 34 Kecamatan Sungailiat.