Bupati Bangka Membuka Bimtek Peningkatan Kapasitas PKK Desa

Bupati Bangka Tarmizi Saat mengharapkan pengurus PKK desa untuk meningkatkan kemampuan teknis dalam pengelolaan dana desa, seiring dengan meningkatnya jumlah dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat.

Hal itu dikatakan Bupati ketika  membuka Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Tim Penggerak PKK Desa dan Kelurahan Kabupaten Bangka, Senin (20/3) di hotel Tanjung Pesona Sungailiat.

Dijelaskannya, dana desa merupakan uang rakyat yang harus dipertanggungkkan dalam penggunaannya, untuk itu dalam pengelolaan keuangan harus dibuat perencanaan dalam penggunaan anggaran.

“ Dibuat perencanaan untuk APBDes  2017 dan APBDes Perubahan 2017 dan ada pertanggungjawannya, “ jelasnya.

Bupati mengharapkan kepada ibu – ibu PKK dan organisasi wanita untuk membantu mensosialisasikan program Pemerintah Kabupaten Bangka, agar lebih banyak lagi masyarakat di kabupaten Bangka mengetahui yang sudah dan akan dilakukan Pemda.

Diantara program tersebut seperti Bumilristi, Bunatuslah, KSR, KKSR, Rumah Layak Huni dan program lainnya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Hj Mina Tarmizi menjelaskan, Bimtek PKK untuk Pokja I membahas tentang pola asuh anak dan remaja yang dilaksanakan dalam rangka pembinaan karakter untuk menciptakan keluarga penuh cinta kasih dan kasih sayang  serta menanamkan sikap prilaku berbudaya dan berkepridadian Indonesia melalui keteladanan orang tua dalam mengasuh dan menerapkan pola asuh anak dan remaja dalam keluarga sehingga menumbuhkan dan membangun sikap, prilaku, sopan santun, budi pekerti dalam keluarga sesuai dengan nilai – nilai Pancasila dan Budaya Bangsa.

Sedangkan Bimtek keuangan PKK diperuntukkan bagi bendahara PKK desa dengan tujuan agar para bendahara PKK di desa merancang, menyusun program kegiatan PKK dan proses pencairan serta dapat mempertanggungjawabkan penggunaan keuangan PKK desa sehingga memudahkan pemerintah desa dalam membuat SPJ.

“ Tim penggerak PKK Kecamatan. Kelurahan dan Desa merupakan ujung tombak kegiatan PKK di wilayah masing – masing maka dengan pelatihan ini hendaknya dijadikan bekal bagi peserta dalam melaksanakan tugas sebagai Tim Penggerak PKK,” ujar Mina.

Diharapkannya dapat membantu pemerintah menyukseskan program – program pembangunan untuk mensejahterakan keluarga dan masyarakat.

Bimtek berlangsung 20 – 21 Maret 2017 diikuti utusan PKK Desa dan Kelurahan se kabupaten Bangka.(Humas)

Sumber: 
Humas Bangka
Penulis: 
Rustian
Fotografer: 
Robby
Editor: 
Rustian
Tags: 
Warta Berita