Bupati Bangka Melaunching E-Pus dan Inovasi Puskesmas Baturusa

Bupati Bangka Tarmizi Saat melaunching E-Pus  dan  Inovasi Puskesmas Baturusa serta Worshop Perhitungan Rencana Kebutuhan SDMK  Tingkat Kabupaten Dinas Kesehatan Kabpaten Bangka tahun 2017, Senin ( 14/8) di Sungailiat.

Lounhing Aplikasi E-Pus untuk Puskesmas se Kabupaten Bangka dan Inovasi Posyandu Om Telolet Om , Posyandu 24 jam dan pojok Jamu di Puskesmas Baturusa.

Bupati Bangka Tarmizi Saat mengatakan, puskesmas merupakan pelayanan kesehatan tingkat pertama yang langsung bersentuhan  dengan masyarakat  dan menyelenggarakan pelayanan kesehatan promotif, preventif dn kuratif sebagai salah satu penyelengara pelayanan publik.

“ Sudah baik pelayanan yang diberikan baik di Puskesmas maupun rumah sakit di kabupaten Bangka, sehingga masyarakat dapat lebih puas pelayanan yang diberikan,” ujar Tarmizi.

Kesempatan itu Bupati Bangka Tarmizi Saat mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  mensosialisasikan 38 program unggulan Kabupaten Bangka, diantaranya Bunaktuslah, Bumilristi, Buratuhiri, Rulahu dan lain – lain.

Terkait dengan 38 program strategis kabupaten Bangka, diungkapkan Tarmizi akan dijadikannya materi soal bagi peserta pawai pembangunan dan karnaval HUT Kemerdekaan RI ke 72 di Sungailiat.

“ Saya akan memberikan soal terkait dengan 38 program startegis kepada para peserta pawai untuk menjawab salah satu nama program dan saya siapkan total hadiah Rp 15 juta,” ungkapnya.

Dinilainya, seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit di kabupaten Bangka sudah baik dalam menyambut HUT Kemerdengan RI dengan memasang bendera merah putih dan umbul – umbul.

“ Saya akan melakukan pengecekan tempat yang belum memasang bendera dan umbul – umbul, termasuk rumah pegawai Pemkab Bangka,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Then Suyanti menjelaskan, maksud dan tujuan  kegiatan ini untuk kebutuhan sistem informasi Puskesmas  yang terintegrasi  dan kemampuan Puskesmas  untuk berinovasi  terus meningkat seiring dengan upaya peningkatan mutu pelayanan Puskesmas perorientasi pada kepuasaam pelanggan dengan implementasi E-Pus dan inovasi Puskesmas, diharapkan pelayanan kesehatan di Puskesmas se Kabupaten Bangka semakin berkualitas.

Terkait dengan implementasi peraturan menteri kesehatan Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2015 tentang pedoman penyusunan kebutuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan serta kelanjutan dari pelaksanaan aplikasi metode perencanan Sumber Daya Manusia Kesehatan ( SDMK ), karenanya  Dinas kesehatan Kabupaten Bangka melaksanakan Worshop  perhitungan rencana SDMK tingkat Kabupaten.

“ Diharapkan dokumen ini dapat dimanfaatkan dan digunakan sebagai dasar penyusulan dan perencanaan kebutuhan pormasi dan juga kebutuhan pengembangan SDMK di Provinsi dan Kabupaten Kota, ujar Then Suyanti.

Sedangkan tujuan umum dari kegiatan tersebut yakni terlaksananya implementasi E-Pus diseluruh Puskesmas dan inovasi Kesehatan Puskesmas Baturusa serta tersusunnya dokumen rencana kebutuhan dan rencana pendayagunaan SDMK dengan menggunakan analisa jabatan dan analisa beban kerja.

“ Tujuan khusus dari kegiatan ini adalah integrasi data pelayanan Puskesmas melalui sistem E-Pus, memberikan motivasi kepada seluruh Puskesmas untuk terus berinovasi, koordinasi dan singkronisasi pelaksanaan dan penyusunan dokumen rencana kebutuhan dan pendayagunaan dengan metode analisa jabatan dan analisa beban kerja diseluruh perangkat institusi dan organisasi profesi yang ada di lingkungan Kementerian Kesehatan,” paparnya.

Kegiatan itu dengan naras umber  berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Beliung,  sedangkan peserta lounching E-pus dan Inovasi Puskesmas Baturusa yaitu Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Bangka, kepala Puskesmas, dan Kepala Desa di wilayah kecamatan Merawang.

Peserta Workshop perhitungan rencana kebutuhan SDMK tingkat Kabupaten Bangka sebanyak 29 orang berasal dari dari Dinas Kesehatan kabupaten Bangka, Puskesmas, Rumah Sakit dan Badan Kepgawaian Daerah Kabupaten Bangka, berlangsung 14 – 16 Agustus 2017 di ruang pertemuan Hotel ST 12 Sungailiat. (*)

Sumber: 
Humas Bangka
Penulis: 
Rustian Al Ansori
Fotografer: 
Rustian Al Ansori
Editor: 
Rustian Al Ansori
Tags: 
Warta Berita