Bupati Bangka : Kebijakan Pembangunan Bangka Berada Dalam Koridor Bangka Bermartabat

Bupati Bangka Tarmizi Saat mengatakan,  Musrenbang kali ini menjadi spesial karena tahun terakhir RPJMD tahun  2013 – 2018 dan menjadi lebih spesial lagi karena pencapaian sasaran kerja RPJMD tersebut sangat ditentukan dari hasil forum Musrenbang.

Bupati Bangka mengatakan hal tersebut ketika pembukaan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2018 Kabupaten Bangka, Selasa (14/3) Di Tanjung Pesona Sungailiat.

Dijelaskannya, konsekwensi logis bagi Pememkab Bangka adalah  kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2018 harus mampu mengisi kesenjangan sekaligus menjembatani pencapaian target dari RPJM tersebut.

Menurut Bupati, arah kebijakan pembangunan tahun 2018 yang akan dicapai, pijakan ini harus berada pada koridor Bangka Bermartabat.

“ Kita akan menjadikan Kabupaten Bangka berkembang sebagai jiwa, semangat, nilai , harga diri dan harkat martabat yang tinggi,” ujar Tarmizi.

Diharapkannya, kabupaten Bangka tahun 2018 harus siap menghadapi perubahan , kabupaten yang mampu mengatasi segala tantangan pembangunan, kabupaten yang memiliki kapasitas dan daya saing yang kuat dalam kompetisi pembangunan di tingkat nasional bahkan internasional guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

“ Kita bertekat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan melayani dengan komitmen pengelolaan sumber daya alam secara lestari, serta menciptakan pembangunan yang ingklusi, pembangunan yang menyetuh seluruh kehidupan masyarakat bahkan menentukan ekonomi yang berdampak luas terhadap penanggulangan kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Bupati Bangka.

Karenanya Bupati mengajak semua pihak untuk melaksanakan pembangunan dengan tanggungjawab, saling mengisi dengan potensi dan kondisi yang ada saat ini harus optimis, kabupaten Bangka akan berjalan lebih cepat, memiliki martabat dan daya saing yang tinggi.

Musrenbang Kabupaten Bangka kali ini dihadiri sejumlah pakar kelahiran Bangka diantaranya Ketua Komisi Aparatur  Sipil Negara (ASN) Prof. Dr. Sofian Effendi M.P.I.A dan Guru Besar Fakultas Psikologi UGM Prof. Djamaludin Ancok Ph.d.

Selain itu juga Musrenbang menghadirkan Wakil Rektor Institut Pertanian Bogor Prof. Dr. Hermanto Siregar M.Ec.Ph.d dan Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr. Yan Megawandi, SH, M.Si.

Kesempatan itu Sofyan Efendi memaparkan rencana pembangunan pemerintah pusat yang akan menjadikan Indonesia menjadi salah satu ekonomi terbesar di dunia dan di Asia

Dikatakannya, Bank Dunia merilis pada tahun 2050, kekuatan ekonomi dunia yang pertama Cina, ke dua Amerika Serikat, ke tiga India dan Indonesia menjadi nomor empat dunia.

“ Kalau kita bisa mengelola sumber daya alam dengan baik, Insya Allah Indonesia akan menjadi ekonomi terbesar ke 4 di dunia,” ujar Sofyan.

Diharapkannya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mempersiapkan SDM sebaik mungkin serta dalam pengelolaan sumber daya alam seperti timah, hasil pertanian dan lain – lain dapat dikelola menjadi nilai tambah.

“ Jangan lagi timah diekspor dalam bentuk balok timah baik oleh Peltim mapun smelter, CPO jangan lagi diekpor namun sudah menjadi bahan olahan,” jelasnya.

Sedangkan Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi menjelaskan, dokumen perencanaan pembangunan yang sedang didisain Pemprov Babel semua terkawal dalam koridor yang sama, dari pusat hingga daerah seperti disampaikan Presiden dan Wakil Presiden untuk menuju nawacita.

“ Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan tahun terakhir pelaksanaan RPJMD 2012 – 2017, saat ini kita menunggu pelantikan Gubernur yang baru hasil Pilkada,” kata Yan.

Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi dihadapan peserta Musrenbang Kabupaten Bangka memaparkan Kondisi terkini pelaksanaan pembangunan di Bangka Belitung hingga tahun 2016.

Musrenbang Kabupaten Bangka dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Wakil Bupati Bangka Rustamsyah ,Sekda Bangka Fery Insani, Staf Ahli Bupati, para Asisten, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor, tokoh masyarakat, tokoh agama, pimpinan organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, LSM, utusan perguruan tinggi dan undangan lainnya.(Humas)

Sumber: 
Humas Bangka
Penulis: 
Rustian
Fotografer: 
Junialdi
Editor: 
Rustian
Tags: 
Warta Berita