Bupati Bangka Harapkan Perbankan Dukung UMKM dan Pertanian

Bupati Bangka Tarmizi Saat mengharapkan Bank BRI mendukung program Pemerintah Kabupaten Bangka, baik dibidang sosial maupun UMKM dan pertanian.

Hal itu disampaikan Bupati, Rabu (19/4) ketika penarikan undian tambangunan Simpedes di pasar Higinis Air ruai, kecamatan Pemali.

Dijelaskannya, untuk program bantuan sosial Yayasan Semari, Sedekah limaratus Rupiah sehari akan menggunakan Bank BRI, melalui Semari sudah terkumpul dana dari sedekah masyarakat berhasil dibangun 3 unit rumah bagi warga tidak mampu.

“ Kami sudah membangun 3 rumah, dari sedekah Rp 500 sehari dapat terkumpul Rp 15 ribu sebulan hanya seharga sebungkus nasi padang, semoga ini menjadi jalan menuju kita ke sorga,” jelasnya.

Pembangunan rumah dari program Semari sudah dilakukan bagi warga  di Matras, Puding Besar dan Belinyu.

Untuk pertanian Bupati mengharapkan dukungan Bank BRI yakni Program Kebun Kelapa Sawit Rakyat ( KKSR ), “ Saya baru saja menerima proposal untuk pengembangan perkebunan kelapa sawit seluas 400 hektar dari masyarakat kita, nanti saya berharap Bank BRI yang menalang  dananya, tanahnya rakyat, bibitnya perusahaan, pupuknya Pemda, dalam waktu 6 tahun lunas itu jaminannya Pemda,” ujar Tarmizi.

Program pertanian lainnya yang perlu dukungan perbankan yakni Kebun Singkong Rakyat (KSR), yang tidak lama lagi akan beroperasi Pabrik pengolahan ubi Kasesa menjadi tepung Tapioka di Puding Besar dan Kenanga yang membutuhkan bahan baku ubi Kasesa dalam jumlah besar.

Bupati minta masyarakat dapat memanfaatkan Lahan tidur, tidak dibiarkan kosong untuk ditanam ubi Kasesa sehingga dapat menggerakkan ekonomi rakyat

“ Saya berharap juga perbankan mendukung kegiatan Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ), melalui para pedagang dimana  Pasar Inpres di jalan Sam Ratulangi Sungailiat  tahun ini akan kita bangun pasar dengan dan Rp 3,7 milyar sat ini sedang dalam proses tender, juga terminal bus Sungailiat akan dibangunan ruang terbuka hijau agar dapat dimanfaatkan para orang tua membawa anak – anaknya dapat bermain disitu sehingga  terasa kotanya,” papar Tarmizi.

Diharapkannya Bank BRI, lebih proaktif diantaranya dalam mendukung pemabngunan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata yang  sudah disiapkan lahan seluas 600 Hektar dari pantai Rambak hingga pantai Rebo akan berjalan tahun ini.

Selain itu diharapkan keikutsertaan perbankan dalam Bangka Ekspo berlangsung 27 – 30 April 2017 yang akan diikuti 44 Kabupaten dan 5 Provinsi serta beberapa perusahaan yang akan menampilkan hasil pertanian, UMKM serta materi pameran lainnya.

Sementara itu Kepala Cabang Bank BRI Sungailiat Moh. Amalo menjelaskan, Bank BRI Sungailiat tahun 2017 ini telah mengeluarkan pinjaman sebesar Rp 229 Milyar rupiah, yang diperuntukan bagi usaha komersial dan Kredit Usaha Rakyat (KUR)  dengan tujuan mendukung pembangunan di kabupaten Bangka.

“ BRI sangat mensuport kegiatan UMKM di kabupaten Bangka khususnya di wilayah BRI cabang Sungailiat sehingga kami sangat mendukung sekali program pemerintah kabupaten Bangka  yang mengarah kepada kegiatan UMKM,” ujarnya.

Diharapkannya dukungan Bupati Bangka, untuk itu BRI akan akan menukung UMKM di Kabupaten Bangka.

Menurutnya, pasca timah kabupaten Bangka sangat mengandalkan pertanian dan pariwisata, karenanya Bank BRI sudah siap memberikan dukungan terutama dalam pengembangan pertanian dan pariwisata.

Kesempatan itu Bupati Bangka Tarmizi Saat diberikan kesempatan menarik undian berhadiah Simpedes, yang disaksikan Notaris, anggota Kepolisian, dan saksi lainnya serta ratusan nasabah Bank BRI Cabang Sungailiat.(Humas)

Sumber: 
Humas Bangka
Penulis: 
Rustian
Fotografer: 
Junialdi
Editor: 
Rustian
Tags: 
Warta Berita