Bupati Bangka Borong Tiga Pot Telur Khatam Di ODOJ Merawang

Telur khatam yang dihiasi dengan warna-warni dan diberi hiasan bunga, dan aksesoris lainnya menjadi daya tarik tersendiri bagi mata yang memandang. Telur khatam atau telur betamat ini biasanya dihadirkan pada kegiatan suka cita, seperti perkawinan, cukur rambut, termasuk juga khataman Al quran. Program Cinta dan Gemar Membaca Al Quran Setiap Hari atau One Day One Juz (ODOJ) yang dilaksanakan semua UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka yang ada di delapan kecamatan juga menyediakan telur khatam, bahkan Bupati Bangka H. Tarmizi Saat memborong tiga pot telur khatam yang berbentuk bunga, masjid dan juga putri telur.
"Saya borong tiga pot telur khatam ini semuanya, bawa ke Rumah Dinas Bupati pak," ungkap bupati sambil mengeluarkan uang dari dompetnya untuk memnbayar kreasi para ibu dan bapak guru.
Telur khatam ini menurut ketua panitia kegiatan Khataman dan Thafidz Al Quran Kecamatan Merawang, Zuri Afrizal ditemui di sela-sela kegiatan, Sabtu (2/12/17) di SMPN 3 Desa Jurung Merawang mengungkapkan telur khatam atau bertamat ini merupakan ungkapan syukur atas berkah dan karunia yang diberikan Allah SWT.
"Ini ungkapan syukur kita, karena hari ini kita melakukan khataman Al quran dan Tahfidz dan kita sertai dengan telur khataman," katanya.
Dituturkan Zuri Afrizal juga, telur khatam ini diikutsertakan lomba juga yang pesertanya dari semua sekolah dari SD sampai sekolah menengah atas.
"Banyak kreatifitasnya, banyak bentuknya, sangat kreatif, semoga semakin menambah khazanah budaya kita," katanya.
Selain kegiatan telur khatam, usai kegiatan Cinta dan Gemar Membaca Al quran setiap hari diisi juga dengan acara tausiah dari KH. Siaful Zuhri yang mengingatkan kembali sejarah islam di masa Nabi Muhammad SAW dan juga ngangung sepintu sedulang.

"Ini ungkapan syukur kita, karena telah khatam quran dan membuat kita selalu menjaga dan menjalin kebersamaan," ungkap bupati di sela-sela nganggung.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah