Berikan Ceramah Umum, Bupati Harapkan Mahasiswa Kritis dan Aktif Dalam Pembangunan

Bupati Bangka H. Tarmizi Saat memberikan ceramah umum pada Pekan Orientasi Mahasiswa (POM) STISIPOL Pahlawan 12, Sabtu (9/9/17) di kampus STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Dikatakan orang nomor satu di Kabupaten Bangka itu  di depan mahasiswa baru STISIPOL Pahlawan 12, mengharapkan mahasiswa dapat berpikir kritis dan idealisme dalam menjadi agen perubahan dalam pembangunan.
"Jadi mahasiswa itu harus kritis dan mempunyai jiwa yang aktif dalam pembangunan," kata bupati.
Diakui bupati lulusan S2 ini, mahasiswa dapat menjadi contoh dan berperan penting dalam pembangunan dan di lingkungan masyarakat.
"Mahasiswa itu harus bisa menjadi yang terdepan, beri masukan dan mewujudkan potensi mahasiswa yang idealisme dalam pembangunan, dan mahasiswa itu dianggap lebih pintar jika dibanding dengan tingkat pendidikan lainnya, buktikan itu semuanya," katanya.
Selain itu, mantan Sekda Bangka itu dalam memberikan ceramah umum juga memaparkan program-program strategis Pemerintah Kabupaten Bangka seperti Bunaktuslah, Bumilristi, Buratuhiri, Semari, dan lainnya. Dirinya berharap, mahasiswa STISIPOL Pahlawan 12 bisa mengadakan survey kepada masyarakat terkait program strategis yang digulirkan pemerintah daerah Kabupaten Bangka kepada masyarakat.
"Buat surveynya nanti, apakah masyarakat sudah tahu dan mengerti program strategis Pemkab Bangka tahun 2017 ini, seperti bunaktuslah, buratuhiri, semari, bumilristi, semari, ruamh layak huni dan lainnya, ada 38 program itu, sehingga sejauh mana masyarakat memahaminya," katanya lagi.
Untuk itu bupati berharap kepada mahasiswa untuk dapat
berperan dalam perubahan yang lebih baik kedepan, penyampai inspirasi, mitra pemerintah, dan lainnya untuk memberikan kontribusi yang nyata bagi daerah dan bangsa.
Sementara itu, Ketua STISIPOL Pahlawan 12, Darol Arkum menyebutkan, menjadi mahasiswa harus bisa memberikan kontribusi yang lebih kepada mahasiswa itu sendiri dan juga masyarakat.
"Peran mahasiswa sekarang ini sangatlah penting, kualitas Sumber Daya Manusia menjadi mutlak ditingkatkan seiring perkembangan zaman ini, perlu paradigma berpikir yang matang sehingga tridharma perguruan tinggi bisa diterapkan," harap Darol yang juga kandidiat Doktor dari Universitas Gadjahmada Jogjakarta ini.
Penutupan Pekan Orientasi Mahasiswa (POM) STISIPOL Pahlawan 12 ditutup secara resmi dengan penyematan jaket almamater dan juga foto bersama.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah