Bangka Sehat Diverifikasi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Kepala Bappeda kabupaten Bangka Pan Budi Marwoto memaparkan program Pemerintah Kabupaten Bangka dalam menuju Kabupaten Bangka Sehat, Jumat (10/3) di hadapan Tim verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pemaparan tersebut berlangsung di ruang pertemuan Bina Praja kantor Bupati Bangka, yang dihadiri kepala SKPD terkait diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Dinas Pangan dan Forum Bangka Sehat.

Diantaranya yang dipaparkan Pan Budi tentang program Pemerintah Kabupaten Bangka tahun 2017 bebas dari buang air besar sembarangan, serta Jambanisasi.

Selain itu Arisan Jamban yang merupakan program di desa Kapuk, Kecamatan Bakam yang mengikuti lomba inovasi pelayanan publik di Indonesia, berhasil masuk top 35 Sinovik.

Sementara itu sekolah – sekolah di kabupaten Bangka dijadikan kawasan sekolah sehat yang bersih dan hijau, menurut Pan Budi di kabupaten Bangka terdapat 29 sekolah yang sudah mendapatkan Adiwiyata

“ Program Bangka Sehat ini yang penting lingkungan sehat, dan juga masyarakatnya sehat,” jelasnya.

Disamping itu Kabupaten Bangka juga dicanangkan sebagai Kabupaten bebas gelandangan dan peminta – minta.

“ Silakan tim verifikasi cek diperempatan jalan lampu merah di Sungailiat, tidak akan ada peminta – minta,” ujar Pan Budi.

Diungkapkannya, Kabupaten Bangka sangat tegas terhadap oprasional tempat penitipan anak, sebelum operasional harus memiliki izin kelayakan.

Kesempatan itu tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mardani menjelaskan, tim verifikasi berjumlah 10 orang yang melakukan verifikasi diantaranya kabupaten Bangka sebanyak 5 orang sedang yang lainnya melakukan verifikasi di Belitung.

Menurut Mardami, tim verifikasi akan melihat sampel – sampel inovasi di kabupaten Bangka yang sudah berprestasi di tingkat nasional, ini merupakn nilai plus dalam verifikasi di lapangan.

“ Nanti tim dari pusat yang akan turun akan menentukan Kabupaten Bangka lulus atau tidak di tingkat nasional,” katanya.

Ditambahkannya, tiga hari setelah dilakukan verfikasi akan dilakukan penilaian, apakah kabupaten Bangka lulus atau tidak sebagai Kabupaten/Kota sehat tingkat Provinsi.

“ Akhir Maret 2017 kita akan membuat keputusan dengan Keputusan Gubernur, juga kita mengharapkan kabupaten Bangka dapat lulus di tingkat Provinsi serta di tingkat nasional,” harap Mardani. (Humas)

 

Sumber: 
Humas Bangka
Penulis: 
Rustian
Fotografer: 
Robby
Editor: 
Rustian
Tags: 
Warta Berita