Bangka Jadi Lokasi KKN Mahasiswa PTN se Wilayah Barat

Mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri ( PTN ) se wilayah Barat akan menjadikan Kabupaten Bangka sebagai lokasi Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) besama.

Sebelum dilaksanakan KKN, Jumat (21/4) dilakukan pembukaan KKN bersama PTN se wilayah Barat yang dihadiri Rektor dan perwakil PTN wilayah Barat, Kepala Bappeda Kabupaten Bangka Pan Budi Marwoto berlangsung di ruang Bina Praja Kantor Bupati Bangka.

Desa yang akan menjadi  lokasi KKN meliputi Penyamun, Payabenua, Air Buluh, Cengkong Abang dan Gunung Muda.

Bupati Bangka Tarmizi Saat menjelaskan, di kabupaten Bangka tidak ada desa terpencil, namun dari lima desa yang akan menjadi tempat KKN, desa Gunung Muda yang letaknya lebih jauh sekitar 50 km dari Sungailiat.

Dihadapan para rektor dan perwakilan PTN Bupati Bangka Tarmizi Saat memaparkan tentang kondisi kabupaten Bangka saat ini dengan berbagai program pembangunan.

Diantara program pembangunan yakni bidang pendidikan saat ini diseluruh kecamatan di kabupaten Bangka sudah ada SMA dan SMK, sedangkan untuk bidang kesehatan seluruh Puskesmas di kabupaten Bangka semuanya sudah rawat inap.

Terkait dengan visi kabupaten Bangka mewujudkan pertanian yang tangguh, diantaranya terus menggalakkan pembangunan pertanian diantaranya dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan lomba ( Kelompok Wanita Tani ) KWT khusus dalam menanam jagung dan kacang tanah dengan hadiah dari Bupati Bangka total sebesar Rp 50 juta.

Selain itu terdapat program Kebun Singkong Rakyat ( KSR ) yang bekerja sama dengan perbankan, “ persoalan singkong saat ini adalah masalah harga yang rendah karena adanya import ubi Kasesa dari negara lain,” ungkapnya.

Untuk program KSR penanaman singkong menggunakan lahan milik rakyat, dana dari perbankan, bibit dari pemerintah.

Sedangkan untuk Kebun Kelapa Sawit Rakyat ( KKSR ) dengan bibit dari perusahaan perkebunan kelapa sawit, lahan milik masyarakat dan dana dari perbankan.

Bupati Bangka Tarmizi Saat juga memperkenalkan program yang terkait dengan makanan non beras yakni masyarakat diajak dapat menkonsumsi pada hari tentu dengan sebutan Senja Senin jagung, Selapis Selasa Pisang, Rata Rabu Talas, Kasi Kamis singkong, Jujur Jumat bijur dan Sabili Sabtu Kembili.

Sejumlah program lainnya yang dipaparkan Bupati diantaranya Bunaktuslah Perburuan Anak Putus Sekolah. Bumilristi Perburuan Ibu Hamil Beresiko Tinggi dan lain – lain.

Sementara itu Rektor UBB Muh. Yusuf mengatakan, kabupaten Bangka memiliki sumber daya alam yang luar biasa, baik itu bidang pertanian, peternakan, pariwisata yang tempat dijadikan sebagai tempat KKN bersama PTN wilayah Barat.

“ Kabupaten Bangka merupakan lokasi KKN bersama pertama bersama Pgkalpinang, ini peluang bagi kita bersama,” kata Rektor UBB.

Sedangkan peserta diperkirakan berjumlah 150 orang hingga 200 orang mahasiswa yang akan melakukan KKN di kabupaten Bangka berasal dari 27 Perguruan Tinggi Negeri yang ada di wilayah Barat.

Dengan sasaran KKN yakni pembangunan pedesaan diantaranya dengan mengembangkan potensi desa, terutama tentang informasi desa yang belum banyak dikenal, potensi komoditi unggulan dan lain – lain.

Kesempatan itu Bupati Bangka Tarmizi Saat memberikan cinderamata kepada perwakilan PTN, diantaranya yang hadir rektor Universitas Tengku Umar, Prof Jasman J.Ma’ruf. (Humas)

 

Sumber: 
Humas Bangka
Penulis: 
Rustian
Fotografer: 
Junialdi
Editor: 
Rustian
Tags: 
Warta Berita