APBDes Bisa Untuk Bangun Sapras Desa

Bupati Bangka H. Tarmizi Saat mengingkatkan kepala desa yang ada di Kabupaten Bangka untuk dapat mempergunakan dan memanfaatkan anggaran desa seperti APBDes dan Alokasi Dana Desa (ADD).
"APDes bisa digunakan untuk pembangunan desa, seperti pagar dan lainnya," ungpa bupati ketika menghadiri kegiatan safari dakwah Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka di Masjid Nurul Falah Desa Dalil Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka.
Diuraikan bupati, sarana dan prasarana di desa dapat dibangun dengan menggunakan dana yang ada, dan bisa dimanfaatkan untuk membuat sumber air seperti embung, pengairan, termasuk juga pagar dan sarana olahraga.
Menurutnya dengan adanya sarana dan prasarana tersebut semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.
"Ada embung atau kolong, buat Sistem Penyediaan Air Minum atau SPAM, jadi air tinggal mengalir ke rumah, tidak perlu mandi di sungai lagi, begitu juga lainnya," harap mantan sekda Bangka ini.
Selain itu juga, sekarang ini desa harus berperan aktif untuk kemajuan desanya.
Perlu kreatifitas dan inovatif dari aparat desa dan masyarakatnya untuk memajukan desa.
"Dana sudah banyak mengucur ke desa, buat sesuatu yang inovatif, kreatif yang bisa memajukan dan membangun desa," katanya.
Untuk sekarang ini lanjut bupati, desa juga harus menyiapkan sesuatu yang bisa menjadi ikon desanya, sehingga bisa menarik perhatian banyak orang untuk mengunjungi desa.
"Ciptakan satu produk unggulan untuk terwujudnya one village one product, sudah saatnya bagi desa di Kabupaten Bangka ini dapat bersaing dengan daerah lainnya, seperti di Air Duren, ada sirup nanas, Pangkal Niur ada sirup jeruk kunci, Pemali ada telor asinya, dan lainnya termasuk di desa Dalil ini, harus dibuat semuanya, sehingga bisa menjadi desa yang kreatif ekonominya," tukas bupati.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah