Animo Masyarakat Bangka Sangat Tinggi Untuk Beribadah Haji

Ibadah haji merupakan kulminasi dari segala kewajiban dan aspirasi umat islam. Nilai pahalanya yang besar membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menunaikan ibadah haji setiap tahunnya. Meski begitu, untuk bisa menunaikan ibadah haji tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Selain perlu persiapan mental dan fisik, perlu disiapkan juga anggatan yang tidak sedikit.
Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bangka H. Nasution mengakui bahwa animo masyarakat Bangka untuk melaksanakan ibadah haji sangat tinggi.
Hal ini dikatakannya karena setiap tahun jumlah masyarakat yang akan berangkat ibadah haji semakin meningkat.
"Animo masyarakat kita tinggi sekali untuk berangkat ibadah haji ini, dan setiap tahun semakin bertambah jumlahnya," ungkap Nasution, Kamis (4/1/18) di Sungailiat.
Dikatakan Nasution, ibadah haji ini sekarang sangat menonjol dan masyarakat Bangka sangat kuat dalam melaksanakannya.
"Banyak yang mau berangkat, yang pasti menunggunya lama, kadang kita sebut nunggunya 22 tahun, ada yang tidak percaya, namun memang seperti itu kenyataannya, yang penting daftar dulu," terang Nasution.
Dikatakan Nasution lagi, untuk kuota haji Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan kuota sekitar 1.062, sama seperti tahun yang lalu.
"Maksimal ada tambahan, kalau dibawah. atau diatas angka tersebut kita syukuri," katanya.
Masyarakat Kabupaten Bangka dalam melaksanakan ibadah haji menggunakan tabungan dari hasil berkebun ladan dan karet. Dan kapan waktu siap untuk melaksanakan ibadah haji.

"Sekarang ini daftar tunggunya yang masih cukup lama, terkadang bisa mencapai puluhan tahun. Untuk itu naik haji dipersiapkan sejak usia muda," ingat Nasution.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah