Anggota Satpol PP Bangka Ikuti Bimtek Kejahatan Narkoba

Satpol PP Kabupaten Bangka bekerjasama dengan BNN Kabupaten Bangka melkaksanakan Bimbingkan Teknis ( Bimtek )  kejahatan Narkoba, yang diikuti 30 orang peserta yag merupakan anggota Satpol PP Kabupaten Bangka.

Bimtek berlangsung pekan lalu bertempat diruang pertemuan kantor Satpol PP Kab.Bangka Jl. A. Yani Jalur 2 Sungailiat dengan nara sumber ketua BNN Kabupaten Bangka Ir. Adi Purwanto dan Pujowarso dari Tim penyuluh Satpol PP Kab.Bangka. 

Kepala BNN Kabupaten Bangka Adi Purwanto dalam arahannya mengingatkan, penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan terganggunya kesehatan mulai dari hilangnya kesadaran, berhalusinasi tinggi sampai menyebabkan kematian.

“ Penggunaan narkoba mempengaruhi susunan syaraf bisa menimbulkan perubahan prilaku pemakai,” ujar Adi Purwanto.

Dijelaskannya, penyalahgunaan narkoba seperti ekstasi, ganja dan sabu sabu dapat dikenakan sanksi hukuman pidana baik pemakai maupun pengedar.

Sementara itu Kasatpol PP Kab.Bangka Dalyan Amrie  mengharapkan Anggotanya dapat mengetahui jenis Narkoba atau alat isap sehingga dapat mendukung pencegahan  peredaran Narkoba baik pada saat patroli rutin maupun saat razia ditempat hiburan.

Menurutnya, meskipun  penyalahgunaan Narkoba bukan kewenangan Satpol PP tetapi dalam rangka pengawasan dan penegakan Perda bisa saja terjadi tangkap tangan adanya pengguna Narkoba sehingga dapat diserahkan kepada aparat hukum untuk diproses.

“ Dengan adanya bimtek kejahatan Narkoba anggota bisa tahu bahaya narkoba, cara menggunakan  alat isap atau bong dan ciri ciri pengguna narkoba, “ kata Dalyan Amrie Kasatpol PP KabupatenBangka.

Setelah Bimtek dengan difasilitasi BNN Kabupaten dilakukan Tes urine secara mendadak kepada 30 orang Anggota Satpol PP Kab.Bangka,.

Para anggota Satpol PP yang setelah kerja bhakti Jumat bersih atas perintah Kasatpol PP Kabupaten Bangka Dalyan Amrie anggota Satpol PP Kab.Bangka  langsung dikumpulkan diruang pertemuan dan tidak boleh keluar ,satu persatu anggota Satpol PP antri dengan tertib menyerahkan sampel urine kepada petugas dari BNN Kabupaten Bangka.

Dalyan Amrie disela pemantauan tes urine mengharapkan hasil tes urine tidak ada anggota terindikasi positif narkoba, apabila ada positif akan disampaikan ke Bupati Bangka atau Wakil Bupati Bangka tentunya akan diambil tindakan tegas berupa pemecatan.

“ 30 orang yang di tes urine adalah tenaga kontrak sesuai perjanjian apabila mereka menggunakan narkoba dapat diberhentikan,” tegasnya.

Kasatpol PP mengatakan, tes urine ini dilaksanakan secara berkala kepada anggota Satpol PP dan pemadam kebakaran yang bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba sekaligus mewujudkan lingkungan kerja bebas dari narkoba.(*)

Sumber: 
Humas Bangka
Penulis: 
Rustian
Fotografer: 
Dok. Satpol PP
Editor: 
Rustian
Tags: 
Warta Berita