Anggota PKK se Kabupaten Bangka Ikuti Pelatihan B2SA

Anggota PKK se kabupaten Bangka mengikuti pelatihan B2SA ( Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman)

Pelatihan berlangsung Senin (10/7) dibuka Sekda Bangka Fery Insani di Sekretariat PKK Kabupaten Bangka.

Pangan beragam, bergizi, seimbang dan Aman (B2SA) adalah aneka ragam bahan pangan, baik sumber karbohidarat, protein, vitamin, mineral dan lemak, yang apabila dikonsumsi dalam jumlah berimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan dan tidak tercemar bahan berbahaya yang merugikan kesehatan .

Sekda Bangka Fery Insani mengatakan, pada prinsipnya Pemkab Bangka mendukung kegiatan pelatihan B2SA.

“ Silakan ibu – ibu mengikuti pelatihan yang akan diberikan cara pembuatan masakan secara beragam, bergizi, berimbang,” ujar Sekda.

Diharapkannya, para peserta dapat memahami tentang makanan beragam serta cara penyajiannya yang dapat memenuhi gizi dan kesehatan anggota keluarga.

Kesemptan itu Wakil Ketu Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Suryani Rustamsyah menjelaskan, pelatihan ini sebagai upaya PKK dalam mempromosikan hasil kekayaan daerah, memotivasi tim Penggerak PKK kecamatan dan desa untuk berkreasi  menciptakan berbagai menu makanan yang memanfaatkan pangan lokal.

“ PKK Kelurahan dan desa perlu dilatih untuk menyampaikan  tentang menu keluarga yang sesuai dengan prinsip seimbang kepada masyarakat,” jelasnya.

Dungkapkannya, untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi setiap anggota keluarga dengan makanan yang mengandung zat yang sesuai dengan prisip beragam dan berimbang guna pemenuhan gizi  serta tidak mengandung zat – zat yang membahayakan

Menurutnya, tim Penggerak PKK desa, kelurahan dan kecamatan merupakan ujung tombak di daerah masing – masing, melalui peltihan ini dapat ditularkan kepada seluruh anggota PKK sehingga  keluarganya terbiasa mengkonsumsi makanan beragam, bergizi dan seimbang

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan B2SA Ny. Darius mengatakan, tujuan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan anggota PKK akan pentingnya kosumsi pangan B2SA ,  meningkatkan pemahaman anggota PKK dalam penerapan B2SA serta mendorong dan meningkatkan kreatifitas  anggota PKK dalam mengembangkan dan menciptakan menu  B2SA berbasis sumber daya lokal.

Pelatihan berlangsung sehari di Sekretariat PKK, dengan peserta sebanyak 85 orang terdiri dari pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan, kelurahan atau desa khususnya Pokja III dan PKK Kabupaten Bangka, sedangkan nara sumber  berjumlah 2 orang dari Tim Pengerak PKK Kabupaten Bangka.(*)

Sumber: 
Humas Bangka
Penulis: 
Rustian Al Ansori
Fotografer: 
Rustian Al Ansori
Editor: 
Rustian Al Ansori
Tags: 
Warta Berita