Air Duren, Sentra Nanas Gurih Di Kabupaten Bangka

bupati
 
 
Desa Air Duren Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka merupakan salah satu desa yang potensi desanya sangat besar untuk dikembangkan terutama di sektor pertanian dan perkebunan.
Menurut Kepala Desa Air Duren Kecamatan Mendobarat, Zainudin mengungkapkan, Desa Air Duren ini potensi terbesarnya adalah nanas selain tanaman lainnya seperti karet, lada dan juga lainnya.
"Kita ini nanas yang terbesar, hampir semua masyarakatnya bertanam tanaman nanas, karena struktur tanahnya sangat cocok dengan tanaman nanas," ungkapnya ketika menyambut kedatangan Bupati Bangka H. Tarmizi Saat.
Diakuinya, tananam nanas Air Duren ini mempunyai cita rasa yang sangat manis, gurih dan juga sangat cocok untuk dijadikan makanan olahan seperti selai.
"Ya sangat manislah, nanas kita ini banyak juga diburu oleh masyarakat, termasuk pedagang dan pengumpul, biasanya mereka datang ke sini langsung, lumayan murah harganya, cukup dengan harga sekitar Rp 4.000 malah lebih murah jika lagi panen," katanya.
Untuk sekarang ini, masa tanam nanas mulai dilakukan dan bisa panen dalam kurun waktu beberapa bulan lagi.
"Kita harapkan nanas Air Duren ini semakin dikenal orang, dan bisa menjadi sentra tanaman nanas di Kabupaten Bangka," katanya.
Sementara itu Bupati Bangka H. Tarmizi Saat mengungkapkan, nanas asal Air Duren ini perlu terus dipromosikan hingga ke tingkat nasional.
"Orang kurang kenal dengan Air Duren.di nasional sebagai penghasil nanas, padahal Air Duren ini memang penghasil nanas di Kabupaten Bangka, di nasional itu, daerah lain yang dikenal sebagai penghasil nanas, padahal tidak ada nanasnya," katanya.
Kedepan juga, orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini berharap, potensi desa terus dikembangkan dan dipromosikan sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat seperti Desa Air Duren ini dengan membudidayakan tanaman nanas.

"Jangan sampai orang mengakui, padahal tidak ada barangnya, kita yang nanam, orang lain yang dapat namanya," ungkap bupati.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah