Ada Si Dora, Mengingatkan Pendonor Untuk Donor Darah

Kepala Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka, H. Tego mengungkapkan dengan adanya Aplikasi Donor Darah atau Si Dora mengingatkan kepada relawan untuk mendonorkan darahnya.
"Kita sudah koordinasi, dan diundang ke Dinas Kesehatan untuk penyusunan Si Dora, dan alhamdullilah terealisasi dengan telah dilaunchingkan oleh Pak Bupati Bangka," ungkap H Tego, Senin (29/1/18) di Sungailiat.
Diuraikan H Tego, selama ini kendala di masyarakat adalah mencari stok darah dan PMI Kabupaten Bangka belum mempunyai stok darah dan hanya ada relawan saja, jadi membuat masyarakat kesulitan mencari darah.
"Selama ini masih banyak yang lupa untuk mendonorkan darahnya, sekarang sudah bisa mendonorkan darahnya sekitar dua bulan setengah," katanya.
Dikatakan H. Tego, pada Si Dora ini yang muncul hanya jumlah pendonor yang siap pada hari itu, namun untuk nomor kontak dan handphone tetap diprivasi.
"Hanya admin yang bisa, PMI sama UTDRS, kalau masyarakat hanya bisa mengakses sidora.go.id dan bisa melihat informasinya seputaran data yang mau donor darah dan golongan darah," katanya.
Terkait stok darah, diakui H Tego, PMI hanya sebatas relawan saja, yang ada masih di rumah sakit.
"Kalau stok adalah, tapi tidak terlalu banyak, jadi kalau ada stoknya, jika ada pasien yang membutuhkan darahnya, kita harapkan ada keluarga yang mendonorkan darahnya, jadi ada yang mengantikannya," katanya.
Kedepan juga H Tego mengharapkan, PMI Kabupaten Bangka dapat terealisasi, karena pekerjaan rumah bagi pihaknya adalah Unit Doroh Darah, semoga kedepannya bisa lancar untuk memenuhi kebutuhan darah untuk masyarakat.

"Tugas utama PMI adalah penyediaan darah, semoga bisa terwujudlah karena kalau terlaksana insyaallah akan baiklah kedepannya, harapan masyarakatnya," harap H. Tego.

Sumber: 
Pemkab Bangka
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
M Khadafi
Tags: 
Berita Daerah