75 % Realisasi Serapan dana Desa 1 dan 2 jadi Syarat Pencairan Dana Desa Tahap 3

Sungailiat – Untuk pencairan Dana Desa Tahap 3, Pemerintah Desa harus memenuhi syarat serapan Dana Desa tahap 1 dan 2 sebesar 75 persen. Dari angka tersebut, realisasi pembangunan fisik harus mencapai angka di atas 50 persen.

“Untuk dilakukan pencairan dana Desa tahap ketiga atau terakhir kita telah meminta laporan dari para Bendahara Desa dan Sekretaris Desa, yang mana untuk pencairan dana Desa pada tahap ketiga nanti itu syaratnya realisasi serapan dana Desa tahap 1 dan tahap 2 itu harus 75 persen dengan pembangunan fisik diatas 50 persen,” ungkap Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospemdes) Kabupaten Bangka, Drs. Arman Agus, Kamis (12/07/18) di OR Bangka Bermartabat, Setda Bangka.

Selanjutnya Arman Agus berharap agar pada laporan penyerapan dana Desa dari tahap 1 dan 2 dapat mencapai angka 75% dengan pembangunan fisik diatas 50% sehingga pencairan dana Desa tahap 3 pada bulan Agustus dapat teralisasi.

“Harapannya tentu dengan serapan diatas 75% dan realisasi pembangunan fisiknya diatas 50% agar kita bisa mencairkan dana Desa tahap 3 atau terakhir bulan depan sehingga nanti dapat dilaksanakan pembangunan sesuai dengan yang direncanakan dari masing-masing Desa serta dapat membangun Desa lebih baik dengan menggunakan dana Desa tersebut, itu harapannya,”tutup Arman.

Untuk segera memperoleh hasil laporan terkait penyerapan dana Desa tersebut, Arman mengimbau kepada seluruh Aparatur Pemerintahan Desa di Kabupaten untuk berkoordinasi dengan 4 OPD yang ada di Pemkab Bangka, yakni kecamatan, Dinsospemdes, BP2RD dan BPKAD..

“Untuk itu saya mengimbau kepada rekan-rekan baik Pak Kades terkhususnya dan seluruh Aparatur Pemerintahan Desa di Kabupaten Bangka ini mohon koordinasi dengan kita, baik koordinasi dengan Kecamatan, koordinasi dengan Dinsospemdes yang menangani dana Desanya, kemudian BP2RD yang menangani masalah pertanggung  jawaban laporannya,  kemudian BPKAD mengenai transfer dari rekening kas daerah ke rekening kas Desanya, jadi tolong untuk membuat laporan terhadap keempat OPD yang saya sebutkan tadi, kemudian juga kita harapkan agar serapan  dana Desa yang telah digulirkan tersebut diatas 75%,”imbau Arman. (Pemkab Bangka)

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Dede Sukmana
Fotografer: 
Dede Sukmana (Dinkominfotik)
Editor: 
Khadafi
Tags: 
Berita Daerah