500 Bidang Menjadi Target Kantor Pertanahan Kabupaten Bangka Tahun 2017

Kantor Pertanahan Kabupaten Bangka melakukan kegiatan sosialisasi atau penyuluhan tentang Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bagi masyarakat Kelurahan Bukit Betung, Kamis (16/3/17) di Gedung Sepintu Sedulang Sungailiat Kabupaten Bangka.
Menurut Warsita Raharja selaku koordinator kegiatan PTSL dan Kasi Pemberdayaan pada Kantor Pertanahan Kabupaten Bangka yang mewakili Pelaksana Tugas Kantor Pertanahan Kabupaten Bangka menyebutkan, pihaknya pada tahun 2017 ini menargetkan 500 bidang bisa bersetipikat yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk Kabupaten Bangka. 500 bidang itu diperuntukkan dengan lokasi Desa Tanah Bawah Kecamatan Puding Besar sebanyak 110 bidang dan Kelurahan Bukit Betung 390 bidang.
"Kita telah melakukan perhitungan, untuk kelurahan Bukit Betung ini, estimasi jumlah bidang ada 2300, tanah yang terdaftar (bidang) ada 1400, untuk target (bidang) melalui APBN ada 390, lainnya 510, sementara sisanya didaftar melalui PNBP. Untuk Desa Tanah Bawah, setimasi jumlah bidangnya 770, tanah terdaftar (bidang) ada 205. Target (bidang) melalui APBN 110, lainnya 455," ungkap Warsita.
Dikatakan Warsita lebih lanjut, sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk penyuluhan, sehingga masyarakat mengetahuinya.
"Kita melakukan ini beserta panitia ajudikasi percepatan dan satgas yuridis bersama satgas fisik," katanya lagi.

Kegiatan ini sambungnya untuk menyampaikan tahapan kegiatan pendaftaran tanah sistematis lengkap, dokumen yuridis yang perlu disiapkan, jadwal pengumpulan data yuridis, kluster hasil akhir kegiatan ajudikasi percepatan. Selain itu juga untuk mengajak partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan PTSL dengan memperhatikan hak dan kewajibannya serta menjelaskan pembiayaan yang disediakan pemerintah melalui kegiatan PTSL dan kemungkinan biaya/bea/pajak yang akan ditanggung oleh peserta.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah