288 Orang Dari Kabupaten Bangka Akan Menunaikan Ibadah Haji

Tahun 2017 ini, sebanyak 288 orang dari berbagai daerah/ desa di Kabupaten Bangka akan melaksanakan ibadah haji pada bulan Agustus - September mendatang.
Diakui Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Bangka, H. Ahmad Zakwan, dari Kabupaten Bangka masyarakat yang melaksanakan ibadah haji mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.
"Jumlah calon jemaah hajinya untuk Kabupaten Bangka ada 288 orang, sudah siap untuk berangkat, tahun 2016 hanya 198 orang yang berhaji, ada peningkatan," ungkap Zakwan, Senin (17/7/17) di Sungailiat.
Dikatakan Zakwan,  tahun 2017 ini dengan adanya penambahan kuota haji dari pemerintah Arab Saudi, jumlah yang berangkat ibadah haji ada peningkatan.
"Bangka Belitung mendapatkan imbasnya, ada 169 tambahan dari kuota normalnya, awalnya hanya 904 orang, menjadi 1.169 orang dan untuk Kabupaten Bangka dari 158 orang itu, kita mendapatkan jemaah haji cukup banyak, hampir sekitar sembilan puluhan, dan terbesar dari tujuh kabupate/kota di Bangka Belitung ini," jelasnya.
Selain itu juga lanjut Zakwan, calon jemaah haji dari Kabupaten Bangka ini nantinya akan masuk dan bergabung dalam kloter enam, tujuh dan delapan.
"Nanti ada yang terpisah dari kloter enam, ada yang di kloter tujuh dan delapan juga, karena hal ini adanya posisi pengganti, karena harusnya mereka ini berangkat tahun 2018, namun karena ada yang meninggal dunia, mengundurkan diri karena sakit, jadi mereka yang harusnya berangkat tahun depan, dimajukan menjadi tahun ini, karena hampir semua cadangannya itu dari Kabupaten Bangka, dari berpeluang untuk terpisah dari kloter enam, " katanya.

Kloter enam jemaah haji Kabupaten Bangka rencananya akan berangkat pada tanggal 8 Agustus 2017 mendatang menunju Embarkasi Palembang dan tanggal 9 Agustus 2017 berangkat menuju Kota Madinah.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah