20 Anak Ikut Gemar Dan Cinta Membaca Al quran Tingkat Kecamatan Sungailiat

Upaya mewujudkan generasi yang cemerlang dan qurani terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Bangka. Salah satunya dengan menyelenggarakan program Gemar dan Cinta Membaca Al quran setiap hari atau yang dikenal dengan One Day One Juz (ODOJ). Selasa (16/11/17) Gemar dan Cinta Membaca Al Quran tingkat kecamatan Sungailiat dilaksanakan di SDN 16 Sungailiat dengan menampilkan 20 anak dari berbagai sekolah dasar di Kecamatan Sungailiat dan dihadiri langsung Bupati Bangka, H. Tarmizi Saat. Selain itu juga hadir anggota DPRD Bangka, Firdaus Djohan, Dharma Wanita Persatuan,  kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bangka, para kepala UPTD Pendidikan, kepala sekolah, tenaga kependidikan, dan lainnya ikut hadir memberikan semangat kepada anak didik yang ikut mengaji.
Selain itu juga dilakukan lomba telur khatam dan nasi tumpeng sebagai simbol telah selesainya khataman Al quran. 
Bupati dalam sambutannya mengungkapkan menjadi bupati merupakan pelayan masyarakat. Segala bidang harus bisa dilayani termasuk juga dengan bidang pembinaan mental dan spritual serta sosial kemasyarakatan.
"Kegiatan ini memberikan anak didik kita terutama generasi muda untuk mencintai Al quran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari," harap bupati. 
Dijelaskan orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini, generasi muda sekarang ini harus lebih mengetahui pengetahuan dan sejarah agama islam.
"Kita di sekolah juga diajarkan, jangan sampai kita tidak tahu, termasuk juga ayat Al quran, karena merupakan bekal kita di kehidupan nantinya," katanya.
Kedepan dengan program yang membina ahlak dan juga mensyiarkan Islam ini diharapkan masyarakat terus mempelajari Al quran dan lainnya dengan baik dan benar.
Sementara itu, ketua pelaksana sekaligus Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Sungailiat H. Ahmad Zarkoni mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin dan telah menjadi program yang mendukung visi misi Pemkab Bangka mewujudkan generasi muda yang Bermartabat. 
"Tujuan kita selain membumikan Al quran juga untuk mendidik anak didik dan generasi penerus bangsa dengan ilmu yang bermanfaat dan selalu dalam koridor islam," kata Zarkoni. 
Kedepan Zarkoni juga berharap, pelaksanaan Gemar dan Cinta Membaca Al quran ini terus dilakukan setiap hari baik di sekolah maupun lingkungan rumah dan keluarga.
"Kita telah menyiapkan SOP untuk gemar dan cinta membaca Al quran ini, sehingga pelaksanaannya setiap hari dilakukan, dan telah menjadi kegiatan ekstrakulikuler di sekolah," terangnya. 
Dalam kegiatan gemar dan cinta membaca Al quran di SDN 16 Kenanga tingkat Kecamatan Sungailiat, Bupati Bangka H. Tarmizi Saat kembali memberikan pertanyaan atau kuis seputaran agama islam dan sejarah islam. "Amalan kita lakukan, sejarah islam harus diketahui, karena agama islam ini merupakan agama Allah yang turun dari langit, harus kitalah yang menjaga dan mengamalkannya untuk menjaga keutuhan umat kita," pesan bupati.
Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah