1 Muharam di Kenanga Menjadi Daya Tarik Wisata

Tradisi 1 Muharam kembali digelar pada 1440 H, Selasa (11/9/18) di kelurahan Kenanga, kabupaten Bangka.

Perayaan 1 Muharam dipusatkan di halaman masjid Al Mukminum, yang dihadiri masyarakat tidak hanya warga Kenanga juga dari luar Kenanga, serta para pejabat daerah seperti Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah, Bupati Bangka Tarmizi Saat, sejumlah anggota DPR RI, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, anggota DPRD, Keturunan pejuang Depati Bahrin, tokoh masyarakat serta putra sulung Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY), Agus Harimurti Tudhoyono ( AHY ).

Prosesi acara dimulai dengan parade Drum Band yang mengawal barisan pembawa dulang yang berisikan berbagai penganan, serta dulang berukuran besar berisikan kue khas Muharam yakni Bolu Kujo yang akan disantap bersama - sama setelah rangaian acara selesai.

Bupati Bangka Tarmizi Saat mengatakan, adat 1 Muharam menyambut tahun baru Hijriah di Kenanga sudah menjadi daya tarik wisata bagi kabupaten Bangka dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung umumnya.

“ Semakin tahun semakin ramai dan meriah acara 1 Muharam di Kenanga,” ujar Tarmizi.

Diharapkannya adat dan budaya di kabupaten Bangka dapat menjadi daya pikat wisatawan untuk datang, khususnya Bangka saat ini sedang dalam proses untuk menjadikan kawasan pantai Timur Sungailiat menjadi Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK ) Pariwisata.

Sementara itu Gubernur Kepualauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengharapkan melalui perayaan 1 Muharam 1440 H, di tahun yang baru ini Bangka Belitung akan semakin baik dan mendapatkan keberkahan dari Allahsubhanahuwataallah.

Kesempatan itu Gubernur juga menyinggung tentang perjuangan Bangka Belitung untuk menjadikan Depati Amir sebagai pahlawan nasional.

“ Kita berdoa bersama, semoga Depati Amir menjadi pahlawan nasional,” kata Erzaldi.

Sedangkan AHY yang diminta Gubernur Bangka Belitung menyampaikan sambutan mengatakan, kehadirannya di Kenanga merupakan undangan dari Erzaldi Rosman, saat bersama - sama menunaikan ibadah haji tahun ini di Tanah Suci.

“ Saya untuk pertama kalinya ke Kenanga, memenuhi undangan pak Gubernur ketika sama - sama kita di Tanah Suci menunaikan ibadah haji,” ungkap AHY.

AHY juga menyampaikan salam untuk warga Kenanga, dari SBY dan ibu Ani Yudhoyono,

Rangkaian dipenghujung acara perayaan 1 Muharam 1440 Hijriah sebelum digelar adat Sepintu Sedulang disampaikan ceramah oleh Ustadz Solmet.

Usai acara perayaan di masjid Al Mukminun, dilanjutkan acara silaturahmi ke rumah - rumah warga kelurahan Kenanga yang melakukan open house layaknya lebaran.

Selama berlangsungnya perayaan 1 Muharam  jalan raya Kenanga padat dengan kendaraan bermotor dari warga yang hadir untuk merayakan tradisi perayaan tahun baru Hijriah, namun dapat berjalan tertib dan lancar karena pengaturan lalulintas yang dilakukan anggota Polres Bangka. (Pemkab Bangka)

Sumber: 
Humas dan Protokol
Penulis: 
Rustian Al Ansori
Fotografer: 
Humas dan Protokol
Editor: 
Rustian Al Ansori
Tags: 
Berita Daerah