Program Sanitasi Oleh Masyarakat

LATAR BELAKANG

Sampai dengan saat ini kondisi sarana dan prasarana Sanitasi di Kab. Bangka baik perkotaan maupun pedesaan masih sangat memprihatinkan , kondisi ini tercermin dengan :

  1. Masih tingginya angka penyakit menular yang disebabkan oleh kondisi Sanitasi tang kurang memenuhi persyaratan teknis.
  2. Masih adanya sebagian masyarakat yang membuang air besar sembarang tempat sehingga dapat tercemar BOD dan Bakteri Coli.

Disisi lain Pemerintah Kabupaten Bangka mencanagkan beberapa target yang hendak dicapai, antara lain :

  1. Pencapaian “Open Defacation Free“ pada akhir tahun 2009.
  2. Target pencapaian MDG 2015, “Mengurangi setengah proporsi jumlah penduduk yang kesulitan memperoleh akses terhadap air minum dan sanitasi yang memadai.
  3. Bangka Sehat tahun 2010.

Untuk mencapai target dan sasaran tersebut, diperlukan langkah–langkah strategis, salah satunya melalui program Sanitasi oleh Masyarakat (SANIMAS).

 

MAKSUD

Meningkatkan Jumlah Penduduk di Kab. Bangka yang mendapat akses terhadap Prasarana dan Sarana air limbah dengan berbasis masyarakat, terutama penduduk yang bermukim di kawasan padat dan kumuh perkotaan.

TUJUAN

Meningkatkan kualitas dan derajat kesehatan masyarakat di kawasan padat dan kumuh, antara lain dengan cara meningkatkan oeran serta masyarakat untuk melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, menyediakan prasarana dan sarana air limbah, memberi fasilitasi inisiatif kelompok masyarakat.

RUANG LINGKUP

  1. Sarana dan Prasarana air limbah yang dapat melayani masyarakat yang belum memiliki Sanitasi yang baik.
  2. Adanya dukungan pendanaan yang bersumber dari Swadaya Masyarakat, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat.
  3. Pemberdayaan Masyarakat meliputi : Persiapan, Pelaksanaan , Pemanfaatan dan Pemeliharaan fasilitas Sanitasi oleh Masyarakat sendiri.
  4. Mendukung terealisasinya pembangunan prasarana yang mengutamakan sumber daya setempat serta prasarana Sanitasi yang mendukung peningkatan kesehatan masrakat.

PRINSIP-PRINSIP SANIMAS

  1. Demand Responsive Approach (Pendekatan Tanggap Kebutuhan)
  2. Self Selection (Seleksi sendiri oleh Masyarakat).
  3. Technology Informed Choice (Pilihan Technology)
  4. Pendanaan bersama
  5. Pemberdayaan Masyarakat
  6. Melibatkan Masyarakat.

SYARAT–SYARAT LOKASI SANIMAS

  1. Terdaftar dalam administrasi pemerintahan Kabupaten/Kota (Pemukiman adalah legal dan sesuai peruntukannya dalam RUTRK).
  2. Memiliki permasalahan Sanitasi yang mendesak untuk segera ditangani.
  3. Tersedia Lahan yang cukup , seluas 150 m² untuk 1 (satu) MCK Plus.
  4. Tersedia sumber air yang cukup.
  5. Adanya saluran/sungai/ badan air untuk menampung efluen IPAL.
  6. Masyarakat yang bersangkutan menyatakan tertarik dan bersedia untuk berpartisipasi melalui kontribusi, baik dalam bentuk uang, barang maupoun tenaga.